5 Tips Memilih Tabir Surya Sesuai Jenis Kulit

Selasa, 11 Juli 2017 - 05:07 WIB
5 Tips Memilih Tabir...
5 Tips Memilih Tabir Surya Sesuai Jenis Kulit
A A A
JAKARTA - Teriknya panas matahari membuat wanita tak pernah absen untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya. Mereka tidak ingin kulit mengalami kerusakan. Namun, tidak semia perempuan bisa memilih tabir surya, padahal memilih sunscreen yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit juga penting dilakukan?

Dikutip Boldsky, berikut langkah yang wajib dilakukan untuk memilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda sehingga perlindungan terhadap kerusakan kulit dapat berjalan maksimal.

1.Kulit sensitif
Orang dengan kulit sensitif atau yang rentan terhadap alergi harus menghindari tabir surya dengan wewangian dan bahan kimia. Pilihlah produk yang lebih ringan, namun efektif dengan SPF sekitar 50.

Hal ini karena kulit sensitif juga rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan membutuhkan SPF yang tepat. Orang dengan kulit penuh dengan jerawat atau alergi terhadap produk tertentu juga harus melakukan konsultasi dengan ahli kulit sebelum membeli tabir surya.

2.Kulit kering atau penuaan
Kulit semacam ini sangat rentan terhadap kekeringan dan keriput dan itu sering terjadi jika menggunakan tabir surya biasa. Tabir surya kulit seperti ini juga harus cukup efektif untuk mengatasi bintik hitam sekaligus mencegah keriput yang sering disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari. Tabir surya dengan SPF 30 adalah pilihan yang tepat.

3.Kulit yang lebih gelap
Orang dengan tone kulit alami yang lebih gelap sering kali tidak suka memakai tabir surya karena mereka berpendapat bahwa melanin dapat melindungi mereka dari kanker kulit. Namun, sebenarnya kerusakan kulit terjadi pada kulit jenis apapun, termasuk kulit gelap.

Kulit gelap membutuhkan tabir surya tanpa seng oksida dan titanium dan mereka wajib memilih tabir surya dengan SPF sekitar 15.

4.Kulit bayi
Seperti orang dewasa, bayi dan anak kecil juga perlu memakai tabir surya. Kulit mereka sering kali sangat tipis dan terlalu terpapar bahan kimia yang keras dan tidak baik. Untuk itu, pilih tabir surya yang oxybenzone dan bebas PABA.

Selain itu, hindari tabir surya semprot, kecuali Anda hanya mengaplikasikannya di tangan dan kaki bayi. Tabir surya dengan SPF 15 adalah yang terbaik untuk dipilih.

5.Kulit normal
Jika kulit tidak termasuk dari salah satu jenis kulit yang telah disebutkan sebelumnya, maka bisa dianggap bahwa Anda memiliki jenis kulit normal. Kulit normal umumnya lebih mudah dan bisa menggunakan SPF 15 atau lebih. Caranya, tabir surya dioleskan setiap dua jam sekali pada seluruh bagian tubuh yang terbuka untuk hasil yang maksimal.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0490 seconds (0.1#10.140)